Berita

Berita Baik

Berita Baik

Leo Kristi - Tanah Merdeka

Dipajang pada September 01st

Kalau yang tampil dalam sebuah konser adalah artis dengan penggemar-penggemar fanatik, yang lebih banyak menyanyi sesungguhnya adalah penontonnya. Itu yang terjadi saat Leo Kristi (67) tampil dalam konser bertajuk "Tanah Merdeka Bukit Bersemi" tepat pada peringatan 71 tahun kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8), di Kompleks Springhill, Kemayoran, Jakarta.

image thumbnail
image thumbnail
image thumbnail

Menggebrak dalam 48 lagu dengan diawali lagu "Indonesia Raya" dan diakhiri lagu "Padamu Negeri", Leo Kristi tidak menampakkan usianya yang nyaris kepala tujuh. Dia sepenuhnya berdiri dengan gitar akustiknya. Sebuah tong yang menjadi ciri khasnya sejak dulu menyangga kaki kanannya.

"Merdeka...!" pekik Leo yang lalu menggebrak lewat lagu "Lenggang Lenggok Badai Lautku".

Satu per satu lagu dengan napas nasionalisme kental meluncur dari Leo. Ruang konser berkapasitas 300 orang yang penuh sampai ke pojok-pojoknya itu mungkin sudah akan meledak oleh nyanyian penonton. Konser sempat "melambat" saat Leo menyanyikan lagu "Timor Timur" yang retrospektif.

"Malam itu angin bernyanyi sedih...," jeritnya. "Nasionalisme harus kita pupuk selalu lewat apa pun. Saya bangga Indonesia!" kata Leo. (ARB)

Arbain Rambey, Hal 32, Kompas, Sabtu, 20 Agustus 2016, Rubrik Nama & Peristiwa.